Pengertian sikap Ananiyyah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Ananiyyah berarti sikap mengutamakan atau menonjolkan rasa keakuan saat bersikap. Ananiyyah berakar dari kata ana yang berarti aku atau saya. Dengan akar kata tersebut, ananiyyah berarti sikap mengutamakan atau menonjolkan rasa keakuan saat bersikap. Dalam bahasa yang lebih umum kita menyebutnya egois atau selfish.

Sikap ana niyyah atau egois ini merupakan sikap dasar manusia sebagai pribadi yang memiliki ego atau sikap diri. Dalam ukuran wajar, sikap ananiyyah ini sangat diperlukan karena akan membentuk karakter seseorang yang memiliki ciri khusus bagi dirinya. Dengan sikap ananiyyah yang wajar ia dapat bersikap dan berpendirian yang tegas  terhadap sesuatu.

Orang yang memiliki sikap ananiyah yang terlalu rendah akan sangat mudah terpengaruh dan terombang-ambing pada pendapat orang lain. Ia merasa minder di hadapan orang lain. Sebaliknya, saat sikap ananiyyah ini terlalu kuat ia dapat terjerumus pada sikap tidak peduli pada orang lain. Sikap ananiyyah yang terlalu besar membuat seseorang mengabaikan orang lain. Ia tidak lagi memandang penting hadirnya orang lain dalam pandangan hidupnya.

Dengan pandangan seperti ini, ia akan mengukur segalanya dari sudut pandang pendapat dan kepentingannya pribadi. Sikap egois yang berlebihan membuat hubungan sosial pelaku dengan orang lain bermasalah. Hal inilah yang tidak baik untuk dilakukan.

Itulah Pengertian sikap Ananiyyah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama