Pengertian Sifat Zuhud

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Pengertian Zuhud Secara bahasa, kata zuhud berarti meninggalkan, mengabaikan, tidak mengindahkan, atau menjauhi. Adapun secara istilah, zuhud adalah sikap hidup seorang muslim yang menjaga dirinya dari kemewahan dunia untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Dari pengertian di atas, zuhud adalah sikap mental menjaga diri dari godaan keindahan dunia yang dapat melenakan perhatian kita dari Allah Swt. Zuhud bukan berarti membenci dunia dan berlaku bagaikan seorang pertapa yang menyengsarakan dirinya di dunia ini.

Dengan demikian, zuhud tidak berarti hidup miskin dan orang yang miskin belum tentu ia seorang yang zuhud. Hal ini karena zuhud tidak identik dengan hidup miskin. Zuhud yang sebenarnya terjadi pada seseorang yang memiliki dunia dalam genggamannya tetapi ia tidak terpengaruh oleh dunia dan isinya. Ia memiliki harta tetapi hartanya tersebut tidak membuatnya terlena sehingga melalaikan kewajibannya kepada Allah Swt. Ia tidak sibuk mengumpulkan dan menghitung hartanya dan melupakan kewajiban yang Allah Swt. berikan untuk mengeluarkan zakat, infak, dan sedekah.

Ia memiliki pangkat dalam pekerjaan dan tanggung jawabnya. Akan tetapi pangkat dan jabatan itu tidak membuatnya lupa dan bersombong diri di hadapan Allah Swt. dan manusia. Ia mengetahui bahwa pangkat dan jabatan hanyalah amanah yang Allah Swt. titipkan kepadanya. Demikian pula dengan status sosial dan keluarga.

Semakin tinggi status sosial dan kedudukan keluarganya di dalam masyarakat, semakin tinggi pula kualitas zuhud seseorang bila mampu melakukannya. Artinya, ia dapat mengalahkan godaan dunia dan menghadapkan perhatiannya kepada Allah Swt. semata.

Itulah Pengertian Sifat Zuhud, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama