Pengertian Puasa Senin Dan Kamis

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Seperti namanya, puasa Senin Kamis kita laksanakan pada hari Senin dan Kamis. Rasulullah saw. sangat menganjurkan kita untuk melaksanakannya dan selalu melaksanakannya pada pribadi beliau. Hal ini tercermin dari hadis berikut ini.

An ‘Aisyata radiyallahu ‘anha qalat: kanannabiyyu sallallahu ‘alaihi wasallama yataharrasiya malisnaini walkhamisi

Artinya: “Dari Aisyah ra. ia berkata bahwasanya Rasulullah saw. selalu memilih untuk berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (H.R. Tirmizi)

Puasa hari Senin dan Kamis, menurut sebagian ulama, berkaitan dengan para malaikat yang mencatat amal manusia. Pada hari Senin dan Kamis, para malaikat tersebut menghadap ke hadirat Allah Swt. untuk melaporkan catatan amal manusia. Oleh karena itu, Rasulullah saw. ingin saat para malaikat melaporkan catatan tersebut, hal terakhir yang tercatat adalah puasa yang sedang Rasulullah saw. laksanakan.

Puasa Senin Kamis kita laksanakan seperti puasa sunah lainnya. Puasa ini kita laksanakan dengan niat yang dapat kita lakukan meski hari telah siang. Lalu, dilanjutkan dengan menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa hingga matahari terbenam di sore hari.

Itulah Pengertian Puasa Senin Dan Kamis, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama