Pengertian Puasa Ramadan

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Secara bahasa, Ramadan berarti panas membakar. Puasa Ramadan adalah puasa yang wajib kita laksanakan pada bulan Ramadan selama satu bulan penuh. Penempatan puasa wajib di bulan Ramadan membawa pesan bagi setiap orang yang berpuasa bahwa mereka sedang membakar hawa nafsu agar tunduk pada Allah Swt. dan bukan sekadar memindah jadwal makan. 

Puasa inilah puasa paling penting dalam Islam. Puasa ini pula yang dimaksud saat kita menyebut rukun Islam ke-empat.

An Ibni ‘Umara rad .iyallahu ‘anhuma  Qala Rasulullahi sallallahu ‘alaihi wasallama buniyalislamu ‘ala khamsin syahadatu alla  ila ha illallahu wa anna Muhammadar rasulullahi, waiqamis salata, wa itaizzakati, wa saumi ramadana wa hijjul baiti

Artinya: Dari Ibnu Umar ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda: Islam didirikan atas lima dasar, yaitu bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusanNya, mendirikan salat, membayar zakat, menunaikan puasa Ramadan, dan melaksanakan haji ke baitullah. (H.R. Bukhari).

Hadis ini menjadi penjelasan satu firman Allah Swt. yang memerintahkan umat Islam melaksanakan puasa. Ayat tersebut adalah ayat ke 183 Surah al-Baqarah [2].

Itulah Pengertian Puasa Ramadan, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama