Pengertian / Definisi Shalat Sunnah Duha

Sahabat admin yang berbahagia, Shalat duha adalah shalat sunnah dua atau empat rakaat dan yang paling banyak dua belas rakaat yang dikerjakan pada shaat duha, yaitu pada waktu pagi hari setelah matahari naik setinggi tombak dan sampai matahari tergelincir/condong ke arah barat (memasuki waktu zuhur). Dalam hadis diriwayatkan sebagai berikut.

Artinya:Dari Abi Hurairah r.a. ia berkata: “Kekasihku Rasulullah saw. Telah memberi wasiat kepadaku tiga macam, puasa tiga hari tiap bulan, shalat Duha dua rakaat dan hendaklah witir sebelum tidur”. (H.R.
Bukhari:1845).

Hukum dari shalat duha adalah sunnah muakad, dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan paling banyak dua belas rakaat. Cara mengerjakannya seperti halnya shalat-shalat yang lain. Dalam hadis, diriwayatkan sebagai berikut.

Artinya: Dari Abi Said r.a. ia berkata: “Rasulullah saw. selalu melaksanakan shalat Duha sampai kita mengira bahwa beliau tidak pernah meninggalkan dan apabila meninggalkannya sehingga kita mengira beliau tidak pernah mengerjakan shalat Duha tersebut”. (H.R .Ahmad:10728).

Dalam hadis lain diriwayatkan sebagai berikut: Artinya: “Dari Anas, Bin Malik berkata aku mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Barang siapa shalat duha dua belas rakaat, Allah akan membangunkan baginya istana di dalam surga”. (H.R. Ibnu Majah:1370).

Apabila dikerjakan dua rakaat, pada rakaat pertama setelah membaca Surah Al-Fatihah membaca Surah Asy-Syamsi. Pada rakaat kedua setelah membaca Surah Al-Fatihah membaca Surah Ad-Duha. Apabila dikerjakan empat rakaat, setelah salam dua rakaat yang pertama tersebut berdiri lagi, pada rakaat pertama setelah Surah Al- Fatihah membaca Surah Al-Kafirun. Pada rakaat yang kedua setelah Surah Al-Fatihah membaca Surah Al-Ikhlas. Kemudian setelah salam membaca doa yang artinya sebagai berikut:

Ya Allah sesungguhnya waktu Duha itu adalah waktu duha Engkau, keindahan adalah keindahan Engkau, kebagusan adalah kebagusan Engkau, kekuatan adalah kekuatan Engkau, kekuasaan adalah kekuasaan Engkau, dan kesentosaan adalah kesentosaan Engkau. Ya Allah jika rezekiku masih di langit maka turunkanlah, jika masih ada di bumi maka keluarkanlah dan jika masih sukar maka permudahkanlah, jika haram maka sucikanlah, dan jika masih jauh maka dekatkanlah, dengan berkat waktu Duha Engkau, keindahan Engkau, kebagusan Engkau, kekuatan Engkau, kesentosaan Engkau. Limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

Itulah Pengertian / Definisi Shalat Sunnah Duha, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama