Pengertian / Definisi Dari Umrah

Sahabat admin yang berbahagia, Umrah menurut pengertian syarak adalah melakukan ziarah ke Baitullah (Ka’bah) di tanah suci Mekah, melakukan tawaf keliling Ka’bah, mengerjakan sai antara Shafa dan Marwah, serta mencukur atau menggunting rambut. Dengan demikian, syarat, rukun, dan wajib umrah sama dengan sebagian ketentuan yang ada dalam ibadah haji. Hanya saja di dalam umrah tidak ada ketentuan harus melakukan wukuf di Arafah, bermalam di Muzdalifah dan di Mina, maupun melempar jumrah.

Berbeda dengan ibadah haji yang waktu melaksanakannya telah ditentukan, sedangkan mengerjakan umrah boleh dilakukan dalam bulan apa saja sepanjang tahun. Ibadah umrah boleh dilaksanakan sebelum ataupun sesudah melakukan haji. Nabi Muhammad saw. selama hidupnya pernah melakukan umrah bersama ibadah hajinya. Jadi, ibadah umrah boleh dilakukan di bulan haji ataupun di luar bulan haji. Di dalam sebuah hadis, yang artinya sebagai berikut:

Dari Ibu Abbas r.a. : “ Sesungguhnya Nabi saw. melakukan umrah sebanyak empat kali, yaitu umrah Hudaibiyah, umrah Qoda, umrah dari Ji’ranah, dan yang keempat umrah beliau bersama hajinya. (H.R. Tirmizi: 745).

Mengerjakan umrah hukumnya sunah, sebagaimana yang diterangkan dalam hadis yang artinya berikut.

Dari Jabir r.a. : Sesungguhnya Nabi saw. pernah ditanya tentang umrah, wajibkah hukumnya?” Nabi saw. menjawab, “Tidak wajib, dan hendaklah kamu sekalian melakukan umrah, itu lebih utama.” (H.R. Tirmizi:853).

Hikmah yang terkandung dalam ibadah umrah hampir sama dengan hikmah ibadah haji. Hikmah ibadah umrah, antara lain sebagai berikut.

Memberi kesempatan yang lebih leluasa kepada kaum miskin untuk mengunjungi Ka’bah (Baitullah) dan melakukan ibadah-ibadah tertentu di tanah suci Mekah, Ibadah umrah yang dilaksanakan di bulan Ramadan memiliki nilai yang sama dengan ibadah haji, Ibadah umrah dapat menjadi kaffarah atau penghapus dosa seorang muslim.

Itulah Pengertian / Definisi Dari Umrah, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama