Pengertian / Definisi Dari Tasamuh

Sahabat admin yang berbahagia, Tasamuh atau toleransi adalah sifat dan sikap tenggang rasa, menghormati, dan menghargai pendirian orang lain. Sebelum Nabi Muhammad saw. menyampaikan ajaran Islam, di masyarakat Mekah telah ada bermacam-macam agama dan kepercayaan yang dianut oleh golongan tertentu. Setiap golongan melaksanakan ajaran agamanya masing-masing, begitu pula setiap suku melaksanakan adat istiadat masing-masing.
                                                         
Apabila ada orang yang mencaci atau menghina suatu agama, tentu penganut agama tersebut akan membela dan mempertahankan agamanya. Akibatnya dapat menimbulkan perkelahian, pertumpahan darah, atau peperangan. Hal seperti itu, tentu akan membuat masyarakat menjadi kacau, hidup menjadi gelisah, pikiran tidak tenang, dan akan menimbulkan kekhawatiran. Apabila dalam suatu negara yang rakyatnya memeluk bermacam-macam agama terjadi permusuhan, tentu negara tersebut akan menjadi kacau.

Rakyat hidup dalam suasana tidak aman. Hal itu akan menghambat pembangunan serta kemajuan yang akan dicapai oleh negara tersebut. Untuk menghindari kekacauan dan permusuhan, setiap suku, golongan, dan penganut agama wajib saling menghormati dan hidup secara damai. Setiap golongan bebas menjalankan ajaran agama atau adat istiadatnya dan tidak perlu mengganggu atau mencemooh agama atau adat istiadat golongan lain.

Bagi kita bangsa Indonesia, sikap tersebut perlu ditanamkan dan dipupuk dengan sebaik-baiknya karena rakyat Indonesia memeluk berbagai agama dan terdiri atas berbagai macam golongan atau suku. Rakyat Indonesia memunyai hak dan kewajiban yang sama. Setiap warga negara Indonesia bebas memeluk agamanya masing-masing karena UUD 1945 menjamin sepenuhnya kebebasan beragama. Bagi orang yang hidup di masyarakat, toleransi sangat perlu dan harus dilaksanakan sehingga akan tercipta masyarakat yang aman, damai, dan tenteram.

Antara orang miskin dan orang kaya harus memunyai sikap toleransi atau tenggang rasa. Begitu pula antara tetangga yang satu dengan tetangga yang lain haruslah saling menghormati, karena dalam hidup harus tolong-menolong dalam hal kebaikan. Dalam melaksanakan ajaran sera tuntutan agama hendaknya saling menghormati dan tidak saling mencemooh, karena dalam ajaran agama Islam, toleransi beragama sangat dianjurkan. Perhatikan firman Allah swt. berikut.

Lakum dinukum wa liya dini

Artinya:“Untukmu agamamu dan untukku agamaku.” (Q.S. Al-Kafirun/109: 6)

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa arti toleransi adalah sikap saling menghormati, tenggang rasa antara yang satu dengan yang lainnya. Toleransi antarpemeluk agama, toleransi intern agama, dan toleransi terhadap pemerintah.

Itulah Pengertian / Definisi Dari Tasamuh, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama