Pengertian Dan Sejarah Turunnya Al-Qur’an

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Kata Al-Qur’an secara bahasa berarti bacaan mulia, bacaan yang diulang-ulang secara konsisten, dan bacaan yang pasti benar. Adapun secara istilah, Al-Qur’an adalah kalam Allah Swt. yang diturunkan kepada Rasulullah Muhammad saw. sebagai petunjuk bagi umatnya. Al-Qur’an memiliki banyak nama. Diantaranya al-Kitab (kitab/buku), az-Zikra (peringatan), al-Huda (petunjuk), dan Kalamullah (firman Allah). Al-Qur’an merupakan pedoman utama dalam Islam.

Tidak ada satupun rujukan yang melebihi kesahihan dalil yang terdapat dalam Al-Qur’an. Oleh karenanya, setiap muslim harus menjadikan AlQur’an sebagai sumber dan tolak ukur utama bagi kehidupannya.

Al-Qur’an berarti bacaan atau yang dibaca. Selain itu, kitab ini juga disebut al-Kitab (buku), az-Zikra (peringatan), al-Huda (petunjuk), dan Kalamullah (firman Allah). Al-Qur’an adalah bacaan mulia sebagai kalam Allah swt. yang diturunkan kepada Rasulullah Muhammad saw. sebagai petunjuk bagi umatnya.

Sejarah Turunnya Al-Qur’an Al-Qur’an turun pertama kali di Gua Hira dalam rentang waktu yang relatif lama. Dalam satu riwayat disebutkan bahwa Al-Qur’an turun dalam waktu 22 tahun 2 bulan dan 22 hari. Masa turun yang lama memiliki hikmah yang sangat penting yaitu ajaran Islam dapat diterima secara perlahan, dihafalkan dan diamalkan dalam kehidupan kaum muslimin.

Selain itu, turunnya Al-Qur’an secara bertahap merupakan jawaban atas permasalahan yang terjadi pada masa Nabi saw.  Jawaban tersebut meski ditujukan untuk permasalahan pada masa Nabi, juga menjadi pelajaran bagi kita semua yang hidup pada masa sekarang ini.

Itulah Pengertian Dan Sejarah Turunnya Al-Qur’an , mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama