Pengertian / Arti Dari Qanaah

Sahabat admin yang berbahagia, Qanaah menurut bahasa adalah rela menerima apa yang diberikan Allah. Adapun menurut istilah, qanaah adalah sikap menerima apa yang telah diberikan oleh Allah kepada manusia atau berpikir positif terhadap pemberiaan Allah swt. Berpikir positif maksudnya berpikir bahwa Allah memberikan sesuatu kepada manusia diukur sesuai dengan kemampuannya.

Misalnya, Allah memberikan rezeki kepada kita dengan rezeki yang cukup, kemungkinan jika kita diberi rezeki lebih, akan menimbulkan dampak negatif bagi kita sendiri. Mungkin kita semakin jauh dari Allah atau dengan kelebihan rezeki itu menyebabkan kita berbuat kemaksiatan. Orang yang qanaah selalu tenang dan berbahagia dalam hidupnya karena ia selalu menerima apa adanya atas pemberian Allah. Perhatikan sabda Rasulullah saw. Yang artinya sebagai berikut:

Dari Fadalah bin Ubaid bahwasannya dia mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Sungguh berbahagialah bagi orang yang mendapat hidayah Islam, dan penghidupannya sederhana dan tenang menerima apa yang ada (qanaah).” (H.R. Tirmizi:2272)

Qanaah dalam pengertian di atas tidak berarti menerima pemberian Allah begitu saja, tetapi dengan berusaha semampunya. Apabila kita telah berusaha semaksimal mungkin tetapi hasilnya kurang memuaskan, kita harus tetap qanaah. Setiap manusia diberi rezeki oleh Allah swt. Namun, kadar rezeki
yang diberikan oleh Allah berbeda-beda, tergantung pada sikap kita mau menerima dengan senang hati atau dengan mengeluh.

Orang yang mau menerima dan bersyukur terhadap pemberian Allah akan ditambah rezekinya, kenikmatan dan berkah dari Allah. Sebaliknya, apabila kita mengeluh dan menggerutu, Allah mengancam dengan siksaan yang sangat pedih, dan kita termasuk dalam golongan orang yang kufur.

Itulah Pengertian / Arti Dari Qanaah, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama