Manfaat / Kegunaan Zakat Fitrah

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Zakat fitrah memberikan manfaat yang sangat besar bagi orang yang mengeluarkan zakat maupun orang yang menerimanya. Bagi muzakki, zakat fitrah membersihkan dirinya serta puasanya dari kotorankotoran perbuatan yang menodai puasa tersebut.

Noda kotoran puasa antara lain kata-kata kotor dan pembicaraan yang tidak berguna. Dengan zakat fitrah tersebut puasa kita dapat disempurnakan hingga kita dapat kembali bersih. Bagi penerima, zakat fitrah memberikan kebahagiaan saat menyambut hari kemenangan.

Setelah sebulan berpuasa menahan diri dari makan dan minum, tibalah hari raya Idul Fitri. Kebahagiaan hari raya tersebut dapat berkurang akibat tidak adanya pelengkap santapan nikmat terhidang di meja makan. Menghindari hal itulah, zakat fitrah hadir dalam syariat Islam.

Sedikit zakat fitrah yang diterima memberikan kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan. Dengan demikian, jalinan ukhuwah antara si kaya dan si miskin akan semakin erat terjalin dalam kerangka ukhuwah islamiyah.

Itulah Manfaat / Kegunaan Zakat Fitrah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama