Makna Dari Surah At-Tin

Sahabat admin yang berbahagia, At-Tin menurut Imam Muhammad Abduh adalah pohon tempat Nabi Adam a.s. bernaung di surga. Adapun Az-Zaitun adalah pohon yang merupakan pertanda surutnya banjir pada zaman Nabi Nuh a.s. Ketika Nabi Nuh a.s. mengutus seekor burung dan kembali membawa daun zaitun yang membuat Nuh a.s. merasa gembira karena hal ini menandakan banjir bandang mulai surut dari permukaan bumi.

Sekaligus sebagai pertanda redanya kemurkaan Allah dengan mengizinkan bumi menelan air bah agar bumi bisa dihuni kembali oleh umat manusia. Pohon Tin dan Zaitun, mengingatkan kita pada dua masa, yaitu masa Nabi Adam a.s. sebagai bapak manusia pertama, dan masa Nabi Nuh a.s. sebagai bapak manusia kedua. Kemudian Allah bersumpah pula memakai masa Nabi Musa a.s. dan masa Nabi Muhammad saw. Dalam surah ini Allah bersumpah memakai empat masa, antara lain sebagai berikut.

1.     Masa Nabi Adam a.s. yaitu pohon Tin tempat Nabi Adam a.s. bernaung di dalam surga.
2.     Masa Nabi Nuh a.s. Pohon Zaitun pada masa Nuh a.s. sebagai tanda banjir bandang mulai surut.
3.    Masa Nabi Musa a.s. Gunung Sinai tempat Nabi Musa as menerima kitab Taurat yang mengajarkan ajaran Tauhid, yang telah dikotori oleh akidah watsaniyah (keyakinan keberhalaan) sebelumnya.
4.  Masa Nabi Muhammad saw. Kota Mekah yang aman yang dimuliakan Allah dengan kelahiran Nabi Muhammad saw. dan keberadaan Ka’bah di sana.

Ar-Raghib Al-Ashfahani menyatakan bahwa kata taqwim di sini sebagai isyarat tentang keistimewaan manusia dibandingkan dengan binatang, yaitu akal pemahaman dan bentuk fisiknya yang tegak dan lurus. Jadi, kalimat ahsani taqwim berarti dalam bentuk fisik dan psikis yang sebaik-baiknya sehingga manusia dapat melaksanakan fungsinya sebaik mungkin.

Apabila manusia hanya memerhatikan dan melayani kebutuhan jasmaninya saja dan tidak beramal saleh, manusia akan dikembalikan ke tempat yang paling rendah dan hina, yaitu neraka. Berdasarkan firman di atas menunjukkan bahwa manusia diciptakan dalam bentuk sebaik-baiknya. Oleh karena itu, kita sebagai ciptaan yang mulia harus senantiasa beriman dan beramal saleh dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah Makna Dari Surah At-Tin, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama