Macam-Macam Salat Rawatib Gairu Muakkad

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Salat rawatib gairu muakkad adalah salat rawatib yang anjuran melaksanakannya tidak dikuatkan. Salat ini ada kalanya dilaksanakan Rasulullah saw. dan ada kalanya pula ditinggalkan. Secara umum salat rawatib gairu muakkad terdiri atas salat-salat berikut ini.
  • Salat dua rekaat sebelum Zuhur selain rawatib muakkad.
  • Salat dua rekaat sesudah Zuhur selain rawatib muakkad.
  • Salat empat rekaat sebelum Asar.
  • Salat dua rekaat sebelum Magrib.
  • Salat dua rekaat sebelum Isya.

Pada dasarnya mengerjakan salat rawatib bukanlah sesuatu yang sulit. Kita cukup berniat melaksanakan salat rawatib yang dimaksud lalu mengerjakannya pada saat yang telah ditentukan. Misal, kita ingin salat rawatib dua rekaat sebelum Subuh. Untuk melaksanakan hal tersebut kita berniat salat rawatib qabliyah Subuh lalu melaksanakannya setelah masuk waktu Subuh.

Meski demikian terdapat beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat kita ingin melaksanakan salat rawatib. Hal-hal tersebut sebagai berikut.
  1. Rukun salat dilaksanakan dengan baik. Meskipun salat rawatib adalah salat sunah bukan berarti kita boleh mengurangi tata cara salat sebagaimana telah dituntunkan.
  2. Mendahulukan salat wajib ketika sudah siap dilaksanakan berjamaah. Jika salat wajib siap dilaksanakan, salat rawatib harus kita hentikan meskipun hampir selesai kita laksanakan. Hal ini menunjukkan penghormatan kita kepada salat wajib.
  3. Sebaiknya dilaksanakan dua rekaat-dua rekaat. Hal ini sekadar anjuran sebagaimana salat rawatib yang sering Rasulullah saw. laksanakan.
  4. Dilaksanakan pada waktu yang telah dituntunkan. Salat rawatib qabliyah kita laksanakan setelah masuk waktu salat dan salat rawatib bakdiyah kita laksanakan tidak lama setelah salat wajib. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk tidak melakukan kegiatan selain zikir, seperti berbincang-bincang, setelah salat ketika hendak salat rawatib.
  5. Bergeser tempat dari tempat melaksanakan salat wajib.

Itulah Macam-Macam Salat Rawatib Gairu Muakkad, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama