Kitab Allah Yang Wajib Diketahui

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Kitab Suci dan Rasul yang Menerimanya Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Allah Swt. telah mengangkat 124.000 nabi dan mengutus 313 rasul di seluruh penjuru bumi. Kalau kita melihat jumlah tersebut, sangat mungkin jumlah kitab suci yang Allah Swt. turunkan juga banyak. Meski demikian, kita hanya diwajibkan untuk meyakini empat kitab sebagaimana tercantum dalam Al-Qur’an. Keempat kitab itu yaitu Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Qur’an.

Taurat adalah Kitab yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s. sebagai pedoman bagi Bani Israel atau kaum Yahudi. Kitab Taurat ditulis oleh para pengikut Nabi Musa a.s. pada masa pembuangan mereka di Babylonia. Kitab ini selanjutnya oleh Bani Israel disusun tafsir pelaksanaannya yang dikenal sebagai Talmud. Terlepas dari pendapat tersebut, kita umat Islam meyakini adanya kitab Taurat sebagai ajaran yang diterima oleh Nabi Musa a.s. Hal ini merujuk kepada pernyataan Allah Swt. dalam Surah al-Isra [17] ayat 2.

Wa a taina  mu salkita ba wa ja'alna hu hudallibani  Isra’i la alla  tattakhiz  umin duni waki lan.

Artinya: Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan kami jadikan kitab Taurat itu` petunjuk bagi Bani Israel (dengan firman) “Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku.” Adapun isi pokok kitab Taurat adalah wahyu yang Nabi Musa a.s. terima ketika Ia berada di gunung Sinai. Wahyu tersebut memuat sepuluh perintah Allah Swt. kepada Bani Israel yang dikenal sebagai The Ten Commandment.

Zabur Kitab Zabur adalah kitab yang diberikan Allah Swt. kepada Nabi Daud a.s. Kitab ini menjadi kitab tambahan bagi Bani Israel selain kitab Taurat yang menjadi pegangan utama agama Yahudi. Kitab Zabur dikenal juga sebagai kitab Mazmur yang terdiri atas 150 pasal dalam Perjanjian Lama. Kitab Zabur berisi kumpulan syair nyanyian pujian, zikir, doa, dan nasihat kepada Bani Israel. Adanya kitab Zabur diinformasikan oleh Allah Swt. dalam Surah al-Isra [17] ayat 55 yang artinya:

Dan Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang ada di bumi dan di langit. Dan sesungguhnya Kami lebihkan sebagian nabi-nabi atas sebagian yang lain, dan Kami berikan Zabur kepada Daud.

Kitab Taurat berwujud gulungan dan dibaca oleh rabbi yang telah terlatih membacanya.
Menggunakan kata kunci sepuluh perintah Tuhan atau The Ten Commandment, temukanlah sepuluh perintah tersebut di internet. Setelah itu sampaikanlah presentasi singkat hasil temuan kalian tersebut.

Injil Kitab Injil adalah kitab yang diberikan kepada Nabi Isa a.s. sebagai pedoman bagi Bani Israel. Seperti kitab Taurat, penyusunan kitab Injil juga dilakukan setelah Nabi Isa a.s. wafat. Oleh umat Kristiani, kitab Injil ini dikenal juga sebagai kitab Perjanjian Baru. Kitab Injil melengkapi ajaran Nabi Musa yang  terdapat dalam kitab Taurat sekaligus mengoreksi perikehidupan Bani Israel.

Berbagai penyimpangan Bani Israel terhadap ajaran Musa diluruskan. Misalnya, ajaran zuhud yang menjadi koreksi kehidupan materialistis Bani Israel. Kehadiran kitab Injil ini terekam dalam pernyataan Allah Swt. Surah al-Maidah [5] ayat 46

wa qaffaina'ala asa rihim bi 'I sabni Maryam mus addiqal lima baina yadaihi minattaura ti. wa ataina hulinjila fihi huda wannu run. wa musaddiqallima baina yadaihi minattaurati wa hudaw wa mau'iz atal lilmuttaqina.

Artinya: Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi Israel) dengan Isa anak Maryam membenarkan kitab yang sebelumnya yaitu Taurat. Dan kami telah memberikan kepadanya kitab Injil yang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi) dan yang membenarkan kitab sebelumnya, yaitu kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa.

Al-Qur’an adalah kitab terakhir yang Allah Swt. turunkan. Kitab ini diturunkan kepada Rasulullah Muhammad saw. Berbeda dengan tiga kitab terdahulu yang hanya untuk satu kaum saja, Al-Qur’an turun untuk semua manusia. Al-Qur’an merupakan kitab paripurna dari Allah Swt. Artinya, kandungan Al-Qur’an telah sempurna menjadi pedoman bagi kehidupan manusia hingga akhir zaman kelak.

Dengan turunnya Al-Qur’an Allah telah menyempurnakan dan meridai agama Allah bagi manusia. Terdapat banyak sekali ayat Al-Qur’an yang menyatakan kehadiran Al-Qur’an, keunggulan, dan kesempurnaan ajarannya. Salah satu pernyataan Allah  tentang AlQur’an tercantum dalam Surah al-Baqarah [2] ayat 2.  yang artinya:

Kitab itu (Al-Qur’an) tidak ada keraguan di dalamnya sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa.

Kitab Al-Qur’an adalah kitab petunjuk yang Allah turunkan untuk seluruh manusia, termasuk kita semua.
Allah menurunkan empat kitab yang wajib diketahui setiap muslim, Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Qur’an.

Itulah Kitab Allah Yang Wajib Diketahui, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama