Jumlah Dan Nama-Nama Rasul Yang Wajib Diketahui

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Seperti telah kamu ketahui, sejarah umat manusia terentang sejak masa Nabi Adam a.s. hingga masa kita saat ini dan akan berlanjut hingga akhir zaman kelak. Umat manusia pun tersebar di seluruh penjuru bumi ini. Artinya, tidak hanya ada di tanah Arab atau di Indonesia saja. Sebagai contoh, manusia pada masa Nabi Musa a.s. hidup di wilayah Mesir dan tanah Arab. Beliau diutus untuk membimbing Bani Israel dan untuk memberikan peringatan kepada Fir’aun.

Pada waktu yang sama, manusia tidaklah hanya terdapat di dua tempat tersebut melainkan tersebar di penjuru dunia yang lain seperti Cina, Jepang, dan daratan Eropa. Hal ini membuka kemungkinan adanya nabi dan rasul yang Allah Swt. utus kepada orang-orang yang hidup di tempat lain tersebut. Dengan demikian, jumlah nabi dan rasul yang Allah Swt. utus kepada manusia dapat sangat banyak.

Dalam satu riwayat tentang pembuatan kapal Nabi Nuh disebutkan bahwa Allah Swt. telah mengangkat 124.000 nabi dan mengutus 313 rasul. Dari jumlah tersebut, hanya 25 nama yang terdapat dalam Al-Qur’an. Oleh karenanya, kita hanya wajib mengetahui dua puluh lima nama nabi dan rasul saja. Nama-nama nabi dan rasul tersebut disebutkan dalam sejumlah ayat Al-Qur’an. Adapun nama dua puluh lima nabi dan rasul itu adalah sebagai berikut. (1) Adam a.s. (14) Syuaib a.s. (2) Idris a.s. (15) Yunus a.s. (3) Nuh a.s. (16) Musa a.s. (4) Hud a.s. (17) Harun a.s. (5) Saleh a.s. (18) Ilyas a.s. (6) Ibrahim a.s. (19) Ilyasa a.s. (7) Lut a.s. (20) Daud a.s. (8) Ismail a.s. (21) Sulaiman a.s. (9) Ishaq a.s. (22) Zakaria a.s. (10) Ya'qub a.s. (23) Yahya a.s. (11) Yusuf a.s. (24) Isa a.s. (12) Ayyub a.s. (25) Muhammad saw. (13) Zulkifli a.s.

Selain dua puluh lima nama tersebut, masih ada nama lain yang sering disebut dalam khazanah umat Islam. Nama-nama lain tersebut adalah Nabi Khidir a.s. dan Nabi Uzair a.s. yang hidup di sekitar masa Nabi Musa a.s. Diantara para nabi tersebut di atas, Allah Swt. melebihkan sebagian dari sebagian yang lain. Hal ini Allah Swt. nyatakan dalam Surah al-Baqarah [2] ayat 253

. . .Tilkarrusulu faddalna ba'duhum 'ala ba’diim minkum man kallamallahu wa rafa'a ba'dahum darajatin . .

Artinya : “. . .Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian mereka atas sebagian yang lain. Diantara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengannya), dan sebagian (lagi) Allah meninggikannya beberapa derajat. . .”

Sebagian rasul yang diberi kelebihan oleh Allah Swt. kita kenal sebagai rasul Ulul Azmi. Mereka memberikan teladan indah bagi setiap muslim dalam fase kehidupan mereka. Hal ini tidak lepas dari sifat-sifat utama para rasul. Dalam satu riwayat tentang pembuatan kapal Nabi Nuh disebutkan bahwa Allah telah mengangkat 124.000 nabi dan mengutus 313 rasul.

Itulah Jumplah Dan Nama-Nama Rasul  Yang Wajib Diketahui, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama