Hadis Tentang Manfaat Menuntut / Mencari Ilmu

Sahabat admin yang berbahagia, Dari Abu Darda’ r.a. berkata, ”Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda. Keutamaan orang yang berilmu terhadap orang yang ahli ibadah, seperti keutamaan bulan terhadap semua bintang-bintang. Sesungguhnya ulama (orang yang berilmu) adalah pewaris para nabi. Para nabi tidak mewariskan dinar dan juga dirham, tetapi mereka mewariskan ilmu. Barang siapa mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang sempurna.” (H.R. Tirmizi).

Hadis tersebut menjelaskan bahwa orang berilmu memunyai kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ahli ibadah, apalagi terhadap orang yang tidak ahli ibadah. Orang yang ahli ibadah adalah mulia. Namun, perbuatan itu hanya untuk dirinya, sedangkan orang berilmu, selain untuk kebaikan dirinya, juga memberi kebaikan bagi orang lain.

Hadis tersebut juga menjelaskan bahwa perbandingan orang yang berilmu dengan ahli ibadah adalah seperti keutamaan bulan terhadap bintang-bintang. Bulan memiliki cahaya yang sangat terang, sedangkan bintang yang begitu banyak jumlahnya tidak dapat menerangi bumi.

Bintang memiliki cahaya yang hanya dapat menerangi dirinya, sedangkan bulan, selain menerangi dirinya juga dapat menerangi bumi, apalagi jika terjadi bulan purnama. Orang berilmu juga dikatakan sebagai pewaris para nabi. Maksudnya, orang yang berilmu adalah sebagai penyambung dakwah nabi dalam menyampaikan ajaran Allah swt.

Itulah Hadis Tentang Manfaat Menuntut / Mencari Ilmu, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama