Fungsi Sifat Qanaah Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Sahabat admin yang berbahagia, Qanaah memunyai pengaruh dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, qanaah atau berpikir positif memunyai fungsi dalam kehidupan manusia, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Masyarakat akan menjadi baik jika dimulai dari kehidupan pribadi yang baik. Jika pribadi masing-masing memiliki sikap qanaah, masyarakat pun akan menjadi qanaah. Fungsi qanaah dalam kehidupan bermasyarakat adalah sebagai berikut.

Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt.
Terhindar dari sifat tamak, rakus dan dengki.
Terhindar dari rasa khawatir akan kekurangan.
Memupuk jiwa sabar dan tawakkal.
membiasakan diri berpola hidup sederhana sesuai dengan ajaran Islam.
Mental dan jiwa masyarakat menjadi sehat.

Orang yang bersikap qanaah akan memiliki rasa tanggung jawab terhadap masyarakat sekitarnya, bahkan kepentingan masyarakat didahulukan daripada kepentingan pribadi. Karena agama Islam tidak membenarkan orang yang hanya mementingkan dirinya sendiri. Di samping fungsi di atas, qanaah dapat berfungsi sebagai dinamisator dan stabilisator kehidupan.

Qanaah berfungsi sebagai dinamisator, yaitu kekuatan batin yang selalu mendorong seseorang untuk meraih kemajuan berdasarkan kemandirian dengan tetap bergantung kepada karunia Allah swt. Qanaah terkait erat dengan hati atau mental. Qanaah dapat pula berarti berpikir positif. Orang yang berpikir positif atau qanaah tidak berada dalam kebimbangan, tidak berspekulasi, melainkan selalu berpikir dengan jiwa yang besar disertai dengan keberanian berusaha bertindak.

Usaha dilakukan dengan maksimal, namun hasil yang dicapai diterima dengan lapang dada, penuh rasa syukur kepada Allah. Qanaah berfungsi sebagai stabilisator karena orang yang mempunyai sifat qanaah selalu berlapang dada, berhati tenteram, merasa berkecukupan dan bebas dari keserakahan. Pada hakikatnya, kekayaan atau kemiskinan terletak pada hati, bukan pada harta yang berhasil dicari dan dikumpulkan. Rasulullah saw. Bersabda yang artinya:

“Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi Muhammad saw. bersabda: “Bukanlah kekayaan itu karena harta benda, akan tetapi kekayaan yang sebenarnya adalah kekayaan jiwa.” (H.R. Bukhari: 5965).

Itulah Fungsi Sifat Qanaah Dalam Kehidupan Bermasyarakat, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama