Definisi / Pengertian Yaumul Hasyr

Sahabat admin yang berbahagia, Setelah dibangkitkan dari alam kubur, kemudian manusia menuju ke Mahsyar, yaitu tempat manusia berkumpul pada hari kiamat. Hari itu disebut yaumul hasyr (hari berkumpul). Allah swt. berfirman sebagai
berikut.

wa hasyarnahum falam nugadir minhum ahadan.

Artinya:... dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka. (Q.S. Al-Kahfi/18: 47).

Ketika manusia berkumpul di Mahsyar untuk menjalani hisab dan mizan (perhitungan dan pertimbangan amal), kala itu semua amal manusia yang baik dan buruk diteliti. Allah swt. berfirman sebagai berikut.

Yauma yab‘asuhumullahu jamiian fa yunabbi’uhum bima ‘amilu, ahshahullahu wa nasuhu, wallahu ‘ala kulli syai’in syahidun.

Artinya:Pada hari itu mereka semua dibangkitkan Allah, lalu diberitakan-Nya kepadamereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah menghitung (mencatat) semua amal perbuatan itu padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu. (Q.S. Al-Mujadilah/58: 6).

Itulah Definisi / Pengertian Yaumul Hasyr, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama