Definisi / Pengertian Shalat Rawatib

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Salat rawatib adalah salat sunah yang dilaksanakan mengiringi salat wajib, baik sebelumnya atau sesudahnya. Sebagai muslim, setiap hari kita melaksanakan salat. Salat adalah media “pertemuan” kita dengan Allah swt. Saat salat kita harus khusyuk. Hati fokus kepada Allah, pikiran tertuju sepenuhnya kepadaNya, gerakan anggota badan terkontrol, dan tidak mudah terganggu oleh kilasan pikiran maupun suasana yang ada di sekitar kita.

Inilah salat yang dilaksanakan oleh Rasulullah dan para sahabat. Inilah salat yang baik. Coba perhatikanlah salat kita. Pernahkah saat salat kalian memikirkan hal lain,  film, gosip, atau bahkan barang yang hilang. Pernahkah pula mata kalian membaca tulisan di baju jamaah di depan saf kalian Atau mengomentari hal yang terjadi di sekitar ketika kalian salat Kalau pernah, berarti salat kalian telah terganggu.

Salat kalian tidak sempurna. Inginkah kalian menyempurnakan salat kalian dari kekurangan-kekurangan seperti itu Inilah sebab salat rawatib penting. Salat rawatib menyempurnakan kekurangan-kekurangan salat yang kita laksanakan. Dengan banyak melaksanakan salat rawatib sebaik mungkin, salat wajib kita akan diperbaiki dari kekurangan.

Kata rawatib berasal dari bahasa Arab yang berarti mengiringi. Secara istilah, salat rawatib adalah salat sunah yang dilaksanakan mengiringi salat fardu. Salat rawatib berhukum sunah. Artinya, kita mendapatkan pahala jika mengerjakannya dan tidak berdosa jika kita tidak melaksanakannya. (Sayyid Sabiq: 1993)

Manfaat Sunah Salat rawatib senantiasa dilaksanakan oleh Rasulullah saw. Beliau juga senantiasa mengingatkan para sahabat untuk mengerjakan salat yang mendatangkan manfaat besar ini. Manfaat salat rawatib tersebutkan dalam salah satu hadis yang artinya sebagai berikut. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali akan dihisab adalah salat.

Jika salatnya bagus, ia telah beruntung, dan jika rusak, ia telah merugi. Apabila kurang sedikit, Allah Azza wa jalla berfirman, “Lihatlah kembali, apakah hamba-Ku itu melaksanakan salat sunah?” (Jika ditemukan salat sunah) salat wajibnya disempurnakan dengan salat sunah tersebut.

Selanjutnya, amal yang lainpun disempurnakan juga.” Inilah manfaat salat sunah, terutama salat sunah rawatib. Salat ini dilaksanakan mengiringi salat wajib yang telah Allah swt. wajibkan kepada kita. Kedudukan istimewa ini tentu memiliki fungsi yang sangat penting sebagaimana tersebut dalam hadis di atas.

Itulah Definisi / Pengertian Shalat Rawatib, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama