Definisi / Pengertian Shalat Idain / Idul Adha Dan Idul Fitri

Sahabat admin yang berbahagia, Idain artinya dua hari raya. Shalat sunnah idain artinya shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu dua hari raya yaitu hari raya Idul Fitr dan Idul Adha. Shalat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawwal setelah umat Islam selesai melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Adapun shalat Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Zhulhijjah.
                                     
Waktu pelaksanaan shalat idain adalah sesudah terbit matahari sampai menjelang zuhur. Pelaksanaan shalat Idul Fitri lebih utama apabila dilaksanakan lebih siang. Bagi orang yang belum menunaikan zakat fitrah, dapat segera membayarkannya. Adapun shalat Idul Adha lebih utama dilaksanakan lebih awal, sehingga dapat segera melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Shalat Idul Fitri dan shalat Idul Adha terdiri atas dua rakaat dan khutbah setelah shalat.

Pada rakaat pertama takbir tujuh kali dan membaca Surah Al-A’la. Adapun pada rakaat kedua takbir lima kali dan membaca surat al-Ghasiyah. Shalat sunnah dua hari raya (Idain) hukumnya adalah sunah muakad, yaitu shalat sunnah yang lebih utama dikerjakan. Shalat sunnah ini sangat dianjurkan di dalam Islam dan Nabi Muhammad saw. Selalu menjalankannya. Dalam sebuah hadis diriwayatkan yang artinya sebagai berikut.

Dari Ummi ‘Atiyyah, ia berkata: “Rasulullah saw. Telah memerintahkan pada kami agar mengeluarkan anak-anak gadis, perempuan-perempuan yang sedang haid pada dua hari raya untuk menyaksikan kebaikan dan dakwah orang-orang muslim dan orang-orang yang sedang haid menyendiri dari tempat shalat (H.R.Anasa’i:1540).

Itulah Definisi / Pengertian Shalat Idain / Idul Adha Dan Idul Fitri, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama