Definisi / Pengertian Gibah

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Gibah adalah gosip atau menggunjing, yaitu membicarakan atau menampakkan sesuatu yang tidak disukai oleh orang yang dibicarakan. Sesuatu yang menjadi obyek gibah dapat beraneka ragam mulai cara bicara, keadaan, aib, rahasia, ketidaksengajaan berpakaian, atau hal lain yang memalukan atau tidak ingin diketahui orang lain.

Rasulullah saw. menyebutkan definisi gibah dalam satu hadis  yang artinya: Dari Abu- Hurairah, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, ”Tahukah kamu apa itu menggunjing?” Para sahabat menjawab, ”Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.” Beliau mengatakan, ”Kamu menyampaikan sesuatu yang tidak disukai oleh saudaramu.” Ada yang bertanya, ”Bagaimanakah jika yang saya sampaikan itu merupakan (kenyataan) yang terjadi pada diri saudaraku itu?” Nabi saw. berkata: ”Jika yang kamu sampaikan itu benar terjadi pada saudaramu, berarti kamu telah menggunjingnya. Jika tidak terjadi pada dirinya, berarti kamu telah berbuat dusta terhadapnya.  (H.R. Muslim dari Aisyah r.a.).

Dari hadis di atas jelaslah bahwa gi bah adalah menyebutkan sesuatu kenyataan yang tidak disukai oleh orang yang dibicarakan. Kita tidak dapat beralasan boleh membicarakan hal itu karena kenyataannya memang begitu.  Justru karena membicarakan kenyataan itulah disebut gi bah. Apabila pembicaraan kita tidak benar, kita sudah melakukan hal yang lebih buruk, yaitu fitnah.

Itulah Definisi / Pengertian Gibah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin...

Lebih baru Lebih lama