Definisi / Pengertian Dari Zakat Fitrah Dan Zakat Mal

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Zakat fitrah adalah zakat jiwa yang harus dikeluarkan oleh seorang muslim yang mampu bagi dirinya sendiri dan orang-orang yang berada dalam tanggungannya. Dalam pembicaraan sehari-hari, zakat fitrah biasa kalian kenal sebagai zakat fitrah. Secara bahasa, zakat fitrah berarti zakat berbuka puasa.

Dinamakan dengan istilah ini karena zakat fitrah diberikan bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, saat kaum muslimin bersuka ria bersantap setelah sebulan berpuasa. Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan setiap muslim yang mampu.

Zakat kedua dalam Islam adalah zakat mal. Kata mal berasal dari bahasa Arab yang berarti harta. Dengan demikian, zakat mal adalah sebagian harta yang wajib dikeluarkan oleh muzakki setelah memenuhi ketentuan tertentu. Zakat ini merupakan salah satu mekanisme ekonomi Islam yang menjadi pilar pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Setiap muslim yang mampu harus mengeluarkan zakat fitrah bagi dirinya dan orangorang yang berada dalam tanggungannya. Hal yang sama menjadi tugas kalian sekeluarga.

1. Hitunglah jumlah anggota keluargamu serta orang-orang yang berada dalam tanggungan keluarga kalian.
2. Hitunglah zakat yang harus kalian keluarkan untuk seluruh anggota keluarga kalian tersebut.
3. Tentukanlah jenis makanan pokok yang akan kalian keluarkan.
4. Tulislah dalam buku tugas sebagai bahan pelaksanaan zakat jika waktunya telah tiba.

Itulah Definisi / Pengertian Dari Zakat Fitrah Dan Zakat Mal, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama