Definisi Hasad Dan Contoh Sikap Hasad

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Hasad berasal dari kata bahasa Arab yang berarti rasa iri atau dengki. Hasad adalah rasa tidak suka yang bersemayam dalam hati saat mengetahui orang lain mendapat nikmat atau keberhasilan. Perasaan dengki sebenarnya berasal dari sikap tamak seseorang pada dirinya sendiri.

Artinya, ia merasa bahwa dirinya ada dan penting. Hal ini membuatnya tanpa sadar berharap orang lain tidak sepenting dirinya. Dengan  keadaan itu, ia ada kalanya tanpa sadar tidak suka saat orang lain mendapat perhatian lebih dengan keberhasilan atau nikmat yang orang itu dapatkan.

Contoh Sikap Hasad Sikap hasad dapat muncul dengan berbagai bentuk. Di antara contoh sikap hasad antara lain sebagai berikut.

Rasa tidak suka saat orang lain mendapatkan nikmat dan ingin dirinya mendapatkan nikmat yang sama. Misal, Rudi mendapat hadiah handphone baru dari ayahnya. Sinta yang melihat hal itu tidak suka dan ia berharap mendapatkan hadiah seperti itu dari ayahnya.

Rasa tidak suka saat orang lain mendapatkan nikmat tetapi tidak ingin mendapatkan hal yang sama. Misal, Rahma berhasil menjadi juara lomba puisi. Sembiring tidak suka hal itu karena ia sedang bersaing mendapatkan juara kelas. Meski tidak suka, Sembiring tidak ingin mendapatkan keberhasilan yang sama.

Rasa tidak suka saat orang lain mendapatkan nikmat dan mengharapkan orang itu tidak mendapatkan nikmat tersebut. Misal, Zainal mendapatkan juara kelas. Karena sedang saling marah, Andi mengharapkan Zainal tidak menjadi juara kelas.

Rasa tidak suka saat orang lain mendapatkan nikmat dan berusaha menghalangi atau menghancurkan nikmat itu. Misal, Zubaidah sedang berlatih untuk lomba piano. Karena tidak ingin Zubaidah menang, Badu merusak piano yang hendak digunakan Zubaidah.

Itulah beberapa bentuk dan contoh sikap hasad. Ke-empat bentuk tersebut adalah rasa dengki yang tidak diperbolehkan. Meski demikian, Rasulullah saw. menyebut dua rasa tidak suka yang diperbolehkan, yaitu rasa iri kepada orang yang giat menuntut ilmu hingga muncul rasa ingin mengikuti jejaknya dan iri kepada orang yang mendapatkan nikmat kekayaan hingga ingin berinfak lebih banyak.

Itulah Definisi Hasad Dan Contoh Sikap Hasad, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama