Definisi Dari Zuhud Dan Hubbuddunya / Dunia Cinta

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Secara istilah, zuhud adalah sikap hidup seorang muslim yang menjaga dirinya dari kemewahan dunia untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Hal ini berarti sikap zuhud dapat terjadi pada mereka yang memiliki dunia atau kaya dan berpangkat tinggi. Dapat pula terjadi pada mereka yang miskin harta dan tidak memiliki pangkat kedudukan apapun.

Hubbuddunya Lawan dari sikap zuhud adalah sikap mencintai dunia dan terlena dengan godaannya. Dalam bahasa agama dikenal dengan istilah hubbud dunya atau cinta dunia. Sikap ini merupakan kebalikan dari sikap zuhud. Bila orang zuhud mengumpulkan harta dan menggunakannya di jalan Allah Swt., orang yang mencintai dunia mengumpulkan harta dan menyimpannya untuk kepentingan dirinya sendiri.

Bila orang zuhud mendapatkan amanah jabatan ia menggunakan jabatan tersebut untuk memperjuangkan agama Allah Swt., orang yang mencintai dunia memburu pangkat untuk kejayaan dirinya sendiri. Sikap hubbud dunya termasuk sikap tercela. Hal ini disampaikan Allah Swt. dalam Al-Qur’an Surah al-Humazah [104].

Kapal pesiar simbol kemewahan dunia. Zuhud bukan berarti meninggalkan dunia tetapi menjaga hati agar tidak terlena oleh dunia. Lawan dari sikap zuhud adalah sikap mencintai dunia dan terlena dengan godaannya. Dalam bahasa agama dikenal denga istilah hubbuddunya atau cinta dunia.

Itulah Pengertian Zuhud Dan Hubbuddunya / Cinta Dunia, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama