Definisi Dan Cara Mempraktikkan Sujud Syukur

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Seperti namanya, sujud  syukur adalah sujud yang kita lakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt. Sujud syukur itu kita lakukan setelah kita mendapatkan nikmat atau terhindar dari bahaya. Mengapa kita perlu melakukan sujud tersebut. Hal ini karena hanya atas izin Allah Swt. semata lah kita mendapat karunia kenikmatan atau terhindar dari bahaya.

Oleh karena itu, bersujud  merupakan cara yang sangat logis sebagai ungkapan terima kasih kepada Allah Swt. Sujud syukur merupakan salah satu sunah Rasulullah saw. Saat mendapatkan berita gembira, Rasulullah saw. segera bersujud di manapun beliau berada untuk berterima kasih kepada Allah Swt. Hal ini terlihat dari hadis berikut ini.

An Abi Bakrata annan Nabiyya sallallahu ‘alaihi wasallama kana izaatahu amrun yasurruhu au busyra bihi kharra sajidan syukral lillahi

Artinya: “Dari Abu Bakrah bahwasanya Nabi saw. segera bersujud berterima kasih kepada Allah apabila datang kepada beliau sesuatu yang menyenangkan atau kabar gembira.” (H.R. Abu Daud dan Tirmizi).

Sujud syukur dapat dilaksanakan dengan dua cara, yaitu dengan berwudu atau tanpa wudu. Demikian pula saat kita berada di atas kendaraan yang tidak memungkinkan kita melaksanakan sujud secara sempurna. Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat melaksanakan sujud syukur adalah sebagai berikut.
  1. Sujud syukur adalah sujud sambung rasa kita kepada Allah Swt. atas nikmat yang Dia berikan. Oleh karena itu, laksanakanlah dengan khusyuk menghadirkan hati menghaturkan terima kasih kepada-Nya.
  2. Sujud syukur hanyalah kegiatan pembuka dari ungkapan rasa syukur kita kepada Allah Swt. Setelah melaksanakan sujud syukur kita juga harus bersyukur kepada-Nya dengan tindakan nyata. Misal, saat kita bersujud syukur atas nikmat rezeki yang Allah Swt. karuniakan kepada kita, setelah bersujud kita juga harus mengeluarkan infak kepada mereka yang berhak.

Itulah Definisi Dan Cara Mempraktikkan Sujud Syukur, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama