Definisi / Arti Dari Iman Terhadap Hari Akhir

Sahabat admin yang berbahagia, Kapan alam ini akan hancur dan semua makhluk mati? Hal itu menjadi rahasia Allah swt. dan tidak seorang pun diberi tahu, termasuk Rasulullah saw. Sejak Rasulullah saw. masih hidup manusia banyak yang bertanya kapan terjadinya kehancuran alam semesta. Pertanyaan mereka diabadikan Allah swt. dalam firman-Nya berikut.

Yas’alunaka ‘anis-sa‘ati ayyana mursaha, qul innama ‘ilmuha ‘inda rabbi,

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang kiamat, ”Kapan terjadinya?” Katakanlah, ”Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada Tuhanku.” (Q.S. Al-A‘raf/7: 187).

Al-Qur’an menjelaskan bahwa peristiwa hancurnya alam semesta disebut yaumus-sa‘ah. Setelah mati, manusia dibangkitkan kembali untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatannya selama hidup di dunia. Hidup sesudah mati itulah yang disebut hari akhir.

Beriman kepada hari akhir berarti meyakini dengan sepenuh hati adanya pembalasan amal perbuatan manusia selama hidup di dunia. Hari akhir itu bersifat abadi dan tidak berakhir, sebagaimana hari-hari di dunia ini.

Itulah Definisi / Arti Dari Iman Terhadap Hari Akhir, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama