Contoh Sikap Ananiyyah Yang Berlebihan

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Sikap ananiyyah yang berlebihan muncul dalam bentuk yang beragam. Di antaranya adalah sebagai berikut.
Selalu ingin menang sendiri. Sikap ini adalah sikap khas ananiyyah. Rasa keakuan yang besar membuat seseorang tidak pernah bersedia mengalah dari orang lain. Ia selalu ingin menang dalam semua keinginannya.

Tidak peduli pada orang lain. Sikap lanjutan dari ingin menang sendiri adalah tidak peduli pada orang lain. Saat mengejar keinginannya, ia tidak mempedulikan keadaan, keinginan, dan kebutuhan orang lain. Hal terpenting baginya adalah terpenuhinya keinginan diri sendiri.

Meremehkan orang lain. Keakuan yang besar akan membuat orang tersebut merasa dirinya adalah pusat dunia. Ia merasa yang paling pandai, paling tampan, dan paling penting dari semua yang ada. Dengan perasaan seperti itu, ia akan dengan mudah meremehkan orang lain.

Tidak mendengar saran dan kritikan orang lain. Setelah merasa dirinya serba paling, ia merasa orang lain tidak lebih baik dari dirinya. Dengan demikian, pendapat orang lain pun tidak lebih baik dari pendapatnya sendiri. Keadaan ini membuat ia tidak mau mendengarkan saran orang lain.

Sikap-sikap tersebut di atas dapat muncul satu persatu atau bersamaan pada diri seseorang. Hal ini terkait dengan seberapa parah perilaku ananiyyah itu bersarang dalam jiwanya. Hal ini tidak lepas dari penyebab ia menderita penyakit ananiyyah yang berlebihan.

Itulah Contoh Sikap Ananiyyah Yang Berlebihan, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama