Contoh Seni Budaya Tradisi Islam

Sahabat admin yang berbahagia, Budaya bangsa Indonesia ada kalanya meneruskan kebiasaan atau adat istiadat yang sudah menjadi tradisi nenek moyang dahulu. Ada kalanya budaya yang sesuai kesukuan masing-masing sebagai adat istiadat kesukuannya dan juga ada kalanya kebudayaan yang sesuai ajaran agama Islam karena di dalamnya terdapat nilai-nilai Islami, Di antara seni budaya lokal yang merupakan tradisi Islam adalah sebagai berikut.

Upacara Grebeg
                                                                                            
Grebeg berasal dari kata grebe, gerbeg. Dalam bahasa Jawa disebut anggrebeg yang bermakna menggiring raja, pembesar, atau pengantin. Misalnya, Grebeg Kraton Kesultanan Yogyakarta pertama kali diadakan oleh Sultan Hamengkubuwono I dengan mengeluarkan hajat dalem berupa gunungan lanang, gunungan wadon, gunungan gepak, dan gunungan kutug/ bromo.

Grebeg dalam satu tahun diadakan tiga kali, yaitu: setiap tanggal 1 Syawwal untuk menghormati bulan Ramadhan dan malam lailatul qadar, tanggal 10 zdulhijjah bertujuan merayakan Idul Adha. Dan tanggal 12 Rabiul Awwal bertujuan memperingati kelahiran Nabi Muhammad saw. Kesenian Grebeg terdapat di Yogyakarta, Surakarta, Cirebon dan Demak.

Gamelan Sekaten

Pertama kali memperkenalkan Kesenian Gamelan Jawa adalah Sunan Bonang dalam rangka menyebarkan agama Islam untuk menyesuaikan diri dengan corak kebudayaan Jawa yang menggemari wayang dan music gamelan. Oleh karena itu, la menciptakan gending-gending Jawa yang memiliki nilai-nilai Islam. Setiap bait lagu diselingi ucapan dua kalimat syahadat (syahadatain) sehingga musik gamelan yang mengiringinya dikenal dengan istilah sekaten yang artinya sama dengan syahadatain.

Perhitungan Tahun Caka (Saka)

Sejak abad ke-8 M di Jawa sudah ada kerajaan Hindu-Jawa yang menggunakan perhitungan waktu dengan menggunakan sistem angka menurut saka. Tahun saka dihitung menurut perputaran matahari. Jumlah hari dalam sebulan berjumlah 30, 31, 32, atau 33 pada bulan terakhir (bulan Saddha).

Namun pada abad ke-16 M setelah Islam datang, kerajaan-kerajaan di Jawa mulai menggunakan sistem Arab yang disebut tahun hijriyah. Tahun hijriyah termasuk tahun komariah, yaitu tahun yang menggunakan perhitungan mengikuti perputaran bulan. Pemberlakuan tahun hijriyah di Jawa pada masa itu adalah dalam rangka menyamakan peringatan-peringatan penting, misalnya dua hari raya. Idul fitri tanggal 1 syawwal, Idul Adha 10 zdulhijah, dan setiap tanggal 12 Rabiul Awwal sebagai hari Maulid Nabi Muhammad saw.

Pesta Tabuik

Pesta Tabuik adalah upacara yang diadakan untuk memperingati gugurnya pahlawan Islam yang bernama Husein bin Ali bin Abu Thalib (cucu Nabi Muhammad saw.). Husein gugur pada saat mempertahankan haknya sebagai pewaris tahta khalifah Syiah yang direbut oleh Raja Yazid dari Bani
Umayah.

Panah Kalimasada

Cerita perwayangan Kalimasada adalah senjata pusakanya Prabu Puntadewa, Raja Amarta. Setelah Islam masuk melalui peran Wali Sanga (Sunan Kalijaga), kalimasada digunakan sebagai media dakwah. Kalimasada tersebut berisikan kalimat syahadat sebagai ajaran tauhid Islam dalam cerita pewayangan. Adapun tokoh yang menjadi teladan dalam cerita tersebut adalah Puntadewa yang berhati bersih dan suci.

Niticruti, Nitisastra, dan Astabrata
Niticruti, Nitisastra, dan Astabrata adalah karya sastra Jawa berbentuk pantun yang berisi tentang nasihat atau akhlak yang baik. Di antara contoh nasihat tersebut terdapat dalam lagu Dandanggula yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga.

Kesenian-kesenian Tradisional

Kesenian yang dijadikan media untuk menarik masyarakat, hingga sekarang banyak kesenian tradisional ataupun modern dari daerah tertentu yang menjadi tradisi Islam, seperti gambang kromong dan orkes gambus dari Betawi.

Seni Bangunan Berupa Masjid

seni bangunan berupa masjid. Seperti contoh Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di banda Aceh, Masjid Agung Banten, Masjid Raya Baiturrohman Aceh, Masjid Agung Demak terletak di Desa Kauman-Demak, Jawa Tengah.

Itulah Contoh Seni Budaya Tradisi Islam, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama