Contoh Seni Bangunan Berupa Masjid Di Indonesia

Sahabat admin yang berbahagia, Berikut ini akan diuraikan bangunan masjid sebagai peninggalan budaya Islam pada beberapa daerah di tanah air kita.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di banda Aceh, merupakan salah satu masjid indah dan peninggalan Kerajaan Aceh. Masjid ini memiliki lima buah menara, menara tertinggi terdapat di halaman depan dengan ketinggian 51 meter. Dua buah menara terdapat di bagian tengah dan
dua buah yang lain di bagian belakang.

Masjid Agung Banten

Satu-satunya peninggalan kuno di Banten yang masih berdiri kokoh ialah sebuah masjid yang terkenal dengan sebutan Masjid Agung Banten. Bangunan masjid ini didirikan pada tahun 1566 M atau tanggal 5 Zulhij ah 966 H pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanudin. Bangunan Masjid Agung Banten memiliki menara setinggi 30 meter.

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak terletak di Desa Kauman-Demak, Jawa Tengah. Demak adalah kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Selain sebagai pusat pemerintahan, Demak juga menjadi pusat kegiatan dakwah para wali songo pada masa pemerintahan Raden Fatah.

Bangunan induk memiliki empat buah tiang utama yang disebut saka guru. Keempat tiang utama tersebut menjadi penopang atap yang berbentuk susun tiga. Bangunan serambi merupakan ruangan terbuka. Atapnya berbentuk limas ditopang oleh delapan tiang yang disebut Saka Majapahit.

Itulah Contoh Seni Bangunan Berupa Masjid Di Indonesia, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama