Contoh Dan Definisi Dari Namimah

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Namimah artinya mengadu domba, yaitu tindakan mengadu dua orang atau lebih agar bermusuhan atau berselisih. Tidakan ini dapat berupa menyebarkan isu atau provokasi (pancingan) pada dua orang agar timbul masalah. Selanjutnya, timbul perselisihan antara kedua orang atau dua kelompok itu. Mengadu domba sangat efektif untuk melemahkan suatu masyarakat atau komunitas.

Sebagai contoh adalah strategi mengadu domba yang dilakukan oleh penjajah Belanda kepada masyarakat Indonesia. Untuk melemahkan perjuangan bangsa Indonesia, penjajah menggunakan taktik devide et impera, mengadu domba dan menguasai. Isu, iming-iming jabatan, uang dan tawaran menggiurkan lain diberikan agar sesama warga bangsa berselisih. Setelah berselisih dengan mudah dikuasai oleh penjajah.

Contoh dan Bentuk Namimah, Namimah biasanya terjadi dalam dua pola utama, yaitu sebagai berikut.

1.   Sengaja mengadu domba agar dua pihak berselisih. Inilah nami -mah bentuk pertama. Contoh namimah bentuk ini adalah praktik penjajah seperti tersebut di atas.
2.     Tidak sengaja mengadu domba dua pihak. Sebenarnya seseorang tidak berniat untuk mengadu domba. Akan tetapi, tindakan, ucapan, atau tawaran yang diberikan berakibat dua pihak berseteru.

Misal, Reni  sedikit kecewa kepada Ana. Ia merasa Ana  telah mengacuhkannya saat pulang sekolah kemarin siang. Rudi yang  sedang bersaing dengan Reni melihat Ana tertawa terbahak-bahak sambil menyebut nama Reni. Ia pun menceritakan hal tersebut kepada Novi, sahabat Ana. Merasa sahabatnya  digunjingkan, Novia membertahu Reni. Reni pun melabrak Ana tanpa bertanya duduk masalahnya.

Hal inilah yang diingatkan Allah Swt. dalam Surah al-Hujurat [49] ayat 6 sebagai berikut.
Ya ayyuhalladzina amanu inja’akum fasiqum bi naba’in fatabayyanuantusibu qaumam bi jahalatin fatusbihu‘ala ma fa‘altum nadimina.

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.

Itulah Contoh Dan Definisi Dari Namimah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama