Ciri-Ciri Orang Yang Beriman Terhadap Qada Dan Qadar

Sahabat admin yang berbahagia, Ada dua tipe manusia dalam mensikapi qada dan qadar Allah yaitu ada yang menerima (beriman) dan ada yang tidak siap menerima bahkan tidak percaya. Adapun ciri-ciri orang yang beriman kepada qada dan qadar, antara lain sebagai berikut:

Percaya bahwa apapun yang terjadi pada dirinya sudah menjadi ketentuan Allah swt. sehingga tidak bersikap takabur.

Bersabar dalam menghadapi ujian dari Allah swt.

Bersikap optimis dan tetap berusaha meskipun belum berhasil.

Tawakkal dan berdoa kepada Allah swt. atas usaha yang telah dilakukannya.

Tidak meminta pertolongan kepada selain Allah swt.

Adapun contoh qada dan qadar Allah swt. terjadi dalam kehidupan manusia antara lain sebagai berikut:

Kan’an putra Nabi Nuh a.s. Sebagai seorang utusan Allah, dalam menyerukan dakwahnya, Nabi Nuh a.s. sudah bersungguh-sungguh agar putra dan isterinya beriman kepada Allah swt. Tetapi Kan’an putranya dan isterinya pun tidak mau beriman sampai mereka mati. Berarti takdir Allah adalah mereka menjadi kafir sampai mati.

Abu Thalib, paman Nabi Muhammad saw. Sebagai Rasulullah, tentu Nabi Muhammad sudah mengajak pamannya menerima dan mau masuk Islam serta hanya menyembah Allah swt. Namun, Abu Thalib tetap saja tidak beriman kepada Allah swt. sampai mati.

Terjadinya gelombang pasang surutnya air laut merupakan hasil daya tarik grativiasi dan efek sentrifugal atau dorongan ke arah luar pusat rotasi. Hal ini terjadi karena sunnatullah atau hukum alam. Pergantian malam dan siang, pergantian musim kemarau dan musim hujan. Manusia mengalami masa bayi, anak anak, remaja, dewasa, tua dan berakhir dengan kematian.

Itulah Ciri-Ciri Orang Yang Beriman Terhadap Qada Dan Qadar, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama