Cara Untuk Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Meneladani Perjuangan Rasulullah saw. di Madinah Rasulullah saw. telah memperlihatkan teladan perjuangan yang sangat agung. Mereka melewati masa-masa sulit perjuangan ketika berhijrah, berperang untuk mempertahankan diri, membangun masyarakat Islam di Madinah, dan mengembangkannya menjadi model masyarakat Islam yang sempurna.

Untuk itulah kita mempelajari kehidupan mereka dan meneladani semangat mereka dalam kehidupan kita sekarang. Meneladani perjuangan Rasulullah saw. tidaklah mesti mempraktikkan detil kehidupan mereka di abad tujuh pada masa kita di abad dua puluh satu ini. Meneladani kehidupan Rasulullah saw. kita lakukan dengan meneladani semangat, paradigma berpikir, dan ketulusan mereka dalam menjalankan perintah Allah Swt. Untuk itu beberapa hal dapat kita lakukan untuk meneladani perjuangan Rasulullah saw. dan para sahabat di Madinah, sebagai berikut.

Mempelajari kehidupan Rasulullah saw. dengan lengkap. Dengan lengkap dalam hal ini sangat penting. Kita perlu mempelajari aspek ketegasan dan kelemahlembutan Rasulullah saw. Kita perlu mempelajari peperangan Rasulullah saw. dengan kaum kafir dan toleransi beliau dengan orang-orang Nasrani dan Yahudi di Madinah.

Pengetahuan yang tidak lengkap akan menyesatkan pikiran dan tindakan kita dalam meneladani sejarah Rasulullah saw. Kalau kita hanya mempelajari ketegasdan Rasulullah saw. dalam berislam, kita akan terdorong untuk mudah menunjuk orang yang berbeda dengan pemahaman kita sebagai sesat dan ahli bid’ah. Kalau kita hanya mempelajari sejarah perang Rasulullah saw. dan para sahabat, kita akan menggunaannya dalam melihat gejolak dalam masyarakat.

Sebaliknya, saat kita hanya mempelajari sisi toleransi Rasulullah saw. kita dapat terjerumus pada anggapan bahwa jihad itu sesuatu yang bertentangan dengan Islam. Mempelajari secara lengkap sejarah hidup Rasulullah saw. memberikan gambaran yang utuh perjuangan Rasulullah saw. di Madinah.

Menghayati semangat kerja dan pantang putus asa dalam menghadapi tantangan hidup. Rasulullah saw. dan para sahabat mengalami cobaan yang sangat berat dalam perjuangan mereka. Akan tetapi, mereka tidak pernah berputus asa. Dengan semangat yang membara diimbangi dengan sikap tawakal kepada Allah Swt. mereka merenda hari menghadapi segala tantangan yang datang. Semangat kerja dan sikap tawakal kepada Allah Swt. ini dapa kita terapkan dalam hidup sehari-hari. Tantangan  hidup seperti kebutuhan hidup, pelajaran yang sulit, pergaulan yang semakin tidak terarah, dan hal lain harus kita dekati dengan semangat membangun dan kerja keras pantang menyerah. Dengan semangat tersebut berbagai kesulitan akan lebih mudah kita hadapi.

Mencintai ilmu pengetahuan dan mengembangkannya. Rasulullah saw. dan para sahabat adalah kaum yang sangat mencintai ilmu. Bahkan dalam salah satu hadis, Rasulullah saw. berpesan agar kaum muslimin mencari ilmu hingga ke negara China. Mencintai ilmu dan mengembangkannya menjadi dasar
pengembangan masyarakat muslim menuju kejayaan peradaban Islam di dunia. Hal ini dapat kita lakukan dengan tekun belajar.

Melaksanakan ajaran Islam dengan baik. Melaksanakan Islam dengan baik merupakan kebutuhan dan kewajiban setiap muslim. Oleh karena itu, kita terapkan gaya hidup muslim dalam berhubungan dengan Allah Swt. melalui ibadah,  hubungan dengan diri sendiri melalui motivasi diri, dan hubungan dengan sesama manusia dan alam sekitar dengan interaksi yang baik.

Mengembangkan dakwah di mana pun kita berada. Dakwah menjadi jalan bagi setiap muslim untuk berinteraksi dengan orang lain. Dakwah dalam hal ini tidaklah berarti kita harus berbicara kepada orang lain. Dakwah dapat kita lakukan dengan menampilkan diri sebagai sosok seorang muslim yang baik.

Dengan menampilkan diri sebagai muslim yang baik, kita telah menunjukkan kepada orang lain keindahan Islam. Misal, selalu menepati janji, dan menghargai orang lain. Setelah mempelajari peri kehidupan, perjuangan Rasulullah saw. dan para sahabat, kita dapat melatih diri menerapkan teladan itu dalam kehidupan kita.

Itulah Cara Untuk Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama