Cara / Panduan Penyembelihan Hewan Secara Tradisional / Secara Mekanik

Sahabat admin yang berbahagia, Ada dua cara dalam menyebelih binatang, yaitu secara tradisional dan secara mekanik.

Cara Menyembelih Binatang secara Tradisional Menyembelih binatang secara tradisional adalah sebagai berikut.

Menyiapkan peralatan untuk menyembelih dan binatang yangakan disembelih.

Hewan yang akan disembelih dibaringkan ke kiri sehingga menghadap kiblat.

Lehernya diletakkan di atas lubang penampungan darah yang sudah disiapkan terlebih dahulu.
Cara penyembelihan secara tradisional yang telah diatur oleh syariat Islam

Kaki-kaki binatang yang akan disembelih diikat atau dipegang kuat-kuat, kepalanya ditekan ke bawah agar tanduknya menancap ke tanah.

Mengucapkan basmalah, kemudian alat penyembelih yang sudah disiapkan langsung digoreskan pada leher binatang yang disembelih sehingga jalan makan, minum, dan nafas, serta kedua urat nadi kanan dan kiri leher putus.

Kemudian, tali pengikat pada binatang tersebut dilepaskan agar memudahkan dan mempercepat kematiannya.

Cara Menyembelih Binatang secara Mekanik Menyembelih binatang secara mekanik merupakan cara yang modern dan sah hukumnya. Penyembelihan seperti ini lebih cepat sehingga binatang yang disembelih tidak merasakan sakit berkepanjangan. Menyembelih binatang secara mekanik agak berbeda dengan menyembelih binatang secara tradisional. Adapun cara menyembelih binatang secara mekanik adalah sebagai berikut.

Sebelum disembelih, binatang dibuat pingsan dengan cara ditotok pada urat saraf tertentu atau disetrum dengan aliran listrik. Setelah binatang yang akan disembelih pingsan, binatang tersebut disembelih dengan alat penyembelihan yang sudah disiapkan terlebih dahulu dengan mengucapkan basmalah. Dengan menotok atau membuat pingsan binatang yang hendak disembelih, penderitaan binatang yang disembelih semakin berkurang.

Itulah Cara / Panduan Penyembelihan Hewan Secara Tradisional / Secara Mekanik, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama