Cara Menjauhi Sikap Hasad

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Sikap hasad adalah penyakit dalam hati manusia. Seorang manusia yang dikaruniai hati nurani tentu akan merasa senang saat orang lain mendapatkan nikmat. Ia ikut bersyukur melihat orang lain berbahagia. Sebaliknya, orang yang berpenyakit dalam hatinya akan merasa susah saat orang lain merasa senang.

Oleh karena itulah Allah Swt. dazn rasul-Nya mengingatkan setiap muslim untuk menjaga diri dari rasa dengki. Beberapa hal dapat kita lakukan untuk menghindarkan hati kita dari rasa dengki. Diantaranya sebagai berikut.
  1. Menyadari akibat rasa dengki. Rasa dengki tidak akan membawa kebaikan bagi korban maupun pelakunya. Bagi korban, rasa dengki akan membuatnya terganggu. Apalagi, akibat yang tidak kalah buruk menimpa pelaku dengki. Jiwanya akan selalu terganggu dengan rasa dengki yang semakin menyakitkan.
  2. Menyadari bahwa sikap h .asad dapat memakan amal kebaikan kita sebagaimana api memakan kayu.
  3. Memperbanyak rasa syukur atas karunia Allah Swt. kepada kita. Rasa syukur membuat hati kita merasa tenteram dengan apa yang kita miliki.
  4. Melapangkan dada dan memperbanyak istigfar. Berlapang dada akan menyingkirkan permusuhan atau rasa dendam yang dapat memicu sikap hasad. Dengan demikian, hati kita akan terjaga dari sikap hasad kepada orang lain.

Itulah Cara Menjauhi Sikap Hasad , mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama