Cara Kita Meneladani Kehidupan Rasulullah SAW

Sahabat admin yang di muliyakan Allah, Meneladani Rasulullah saw. Meneladani contoh kehidupan Rasulullah saw. merupakan hal terbaik yang dapat kita lakukan sebagai pengikutnya.  Terdapat banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meneladani kehidupan beliau. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Mempelajari sejarah kehidupan Rasulullah saw. Mempelajari sejarah kehidupan Rasulullah merupakan suatu keharusan agar kita dapat mengetahui dan memahami nilai teladan Rasulullah saw. Dengan mempelajarinya, kita mengetahui kebiasaan Rasulullah saw., cara beliau melakukan sesuatu, dan pendapat beliau. Dengan mempelajarinya kita mengetahui syariat yang beliau bawa dan tindakan beliau sebagai manusia biasa yang terkait waktu serta tempat beliau.

Berusaha mengikuti peri kehidupan Rasulullah saw. dalam keadaan kita saat ini. Artinya, kita berusaha mengikuti contoh kehidupan Rasulullah saw. sambil menyesuaikannya dengan  keadaan dan tata nilai kita saat ini. Misal, cara berpakaian. Dahulu Rasulullah saw. selalu menggunakan jubah karena beliau berasal dari daerah yang menggunakan jubah. Untuk meneladaninya, kita boleh saja ikut menggunakan jubah. Akan tetapi, kita juga  dapat meneladani beliau dengan menggunakan model pakaian kita di Indonesia. Tentu saja dengan mengikuti ketentuan menutup aurat sebagaimana dicontohkan Rasulullah saw.

Berusaha mengikuti syariat yang dibawa Rasulullah saw. secara konsekuen. Sebagai muslim, cara meneladani ini merupakan keharusan. Inilah jalan hidup yang Allah Swt. turunkan kepada kita. Dalam hal ini, kita akan mengenal berbagai bahasan fikih atau hukum melakukan sesuatu. Untuk itu, kita harus lebih intensif belajar hingga kita mendapatkan informasi lengkap terkait bahasan yang kita pelajari. Dengan demikian, kita terhindar dari kesempitan berpikir dan berpendapat dalam melaksanakan syariat Islam.

Mengabarkan teladan Rasulullah kepada orang lain. Setelah mempelajari kehidupan Rasulullah saw. dan menerapkannya dalam kehidupan, kita kabarkan kisah Rasulullah saw. dan syariat yang dibawanya kepada semua orang. Hal ini adalah teladan Rasulullah saw. dalam menyampaikan Islam. Satu hal penting untuk kalian perhatikan adalah sampaikan teladan indah Rasulullah saw. dengan bahasa yang santun tanpa menggurui. Dengan demikian, teladan itu dapat diterima dengan baik oleh orang lain.

Itulah Cara Kita Meneladani Kehidupan Rasulullah SAW, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi Petunjuk dan RidhaNya kepada kita semua amin…

أحدث أقدم