Bukti Alam Akhirat Merupakan Kehidupan Yang Hakiki

Sahabat admin yang berbahagia, Kehidupan yang hakiki adalah kehidupan di akhirat. Orang yang beriman meyakini kebenaran ajaran Islam sehingga kehidupan di akhirat menjadi tujuan utamanya. Keyakinannya terhadap kehidupan hakiki di akhirat dibuktikan dengan ketaatannya terhadap ajaran Islam karena kehidupan di dunia ini hanya sementara. Adapun orang-orang kafir tidak memercayai adanya hari akhir. Dalam kehidupan di dunia mereka bersenang-senang mengikuti hawa nafsunya. Allah swt. berfirman yang artinya sebagai berikut.

Sedangkan kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi padahal kehidupan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal. (Q.S. Al-A‘la/87: 16–17).

Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurauan, perhiasan, dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani, kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat nanti ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan palsu. (Q.S. Al-Hadid/57: 20).

Di dunia ini manusia banyak yang lupa terhadap tujuan hidup yang sebenarnya, yakni menghambakan diri kepada Allah swt. Banyak juga yang lupa terhadap kesopanan, tega terhadap sanak saudara, bahkan terkadang menyengsarakan orang lain gara-gara ingin menghimpun harta sebanyakbanyaknya. Itulah sebabnya dikatakan bahwa kehidupan dunia ini adalah permainan dan sesuatu yang melalaikan.

Manusia bangga terhadap kemegahan hidup di dunia ini bagaikan seorang petani yang bangga melihat tanamannya yang subur. Padahal, tanaman yang ia banggakan itu akan segera tua sehingga tampak menguning dan akhirnya hancur (mati). Demikian halnya kehidupan dunia ini. Harta dan anak yang dibanggakan tidak dapat mengekalkan hidupnya di dunia. Semua itu akan hancur beriringan dengan kehancuran dirinya sendiri.

Kehidupan di dunia ini dikatakan sebagai kesenangan yang menipu. Mengapa demikian? Banyak manusia yang mengira bahwa dirinya akan bahagia jika sukses hidupnya di dunia. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk mencapai kesuksesan itu dengan segala kemampuan. Akan tetapi, bagaimanakah akhirnya, Apakah kesuksesan itu dapat menjamin hidupnya bahagia, Makin banyak harta yang dihimpun, makin tamak pula nafsu manusia terhadap harta. Padahal, tidak lama lagi manusia segera mati.

Allah swt. juga menjelaskan bahwa di akhirat kelak ada azab yang keras, ampunan, serta rida Allah swt. Manusia dipersilakan untuk memilihnya. Hanya ada satu cara yang dapat ditempuh orang yang menginginkan ampunan dari Allah swt. dan rida-Nya. Cara itu ialah menaati ajaran agama (Islam) selama hidup di dunia. Adapun orang yang tidak mau menaati ajaran agama selama hidup di dunia, mau atau tidak mereka pasti mendapat azab yang keras di hari akhir kelak.

Itulah Bukti Alam Akhirat Merupakan Kehidupan Yang Hakiki, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin...

Lebih baru Lebih lama