Ayat Al-Qur’an Yang Menerangkan Tentang Kiamat / Hari Akhir

Sahabat admin yang berbahagia, Hari akhir ditandai dengan tiupan sangkakala (terompet) oleh Malaikat Israfil, kemudian bumi bergoyang mengeluarkan segala isinya kemudian seterusnya lenyap dan diganti dengan bumi yang lain. Pada saat itu,gunung-gunung pecah, beterbangan, dan menjadi pasir. Langit akan terbelah, hancur menjadi minyak. Pada hari itu, matahari akan digulungdan bintang-bintang akan berjatuhan.

Di bawah ini beberapa ayat Al-Qur’an yang menjelaskan terjadinya hari kiamat.

Surah Al-An‘am ayat 134: Innama tu‘aduna la’atin, wa ma antum bimu‘jizina.

Artinya: Sesungguhnya apa pun yang dijanjikan kepadamu pasti datang dan kamu tidak mampu menolaknya. (Q.S. Al-An’am/6: 134).

Manusia mau mengakui atau tidak, mau menjalani atau tidak, hari yang telah dijanjikan Allah swt. pasti terjadi. Tidak ada seorang pun yang mampu menolak kehendak Allah Yang Mahakuasa.

Surah Al-‘Ankabut Ayat 5: Man kana yarju liqa’allahi fa’inna ajalallahi la’atin, wa huwassam i‘ul-‘alimu.

Artinya:Barang siapa mengharap pertemuan dengan Allah maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah pasti datang. Dan Dia Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui. (Q.S. Al-Ankabut/29:5)

Bertemu dengan Allah swt. adalah dambaan setiap orang yang beriman. Dambaan itu akan tercapai pada waktu yang telah dijanjikan Allah swt. yakni pada hari akhir. Dengan dambaan itu, orang beriman mau bersusah-susah menjalankan amal saleh sebagai bekal hidup di akhirat. Orang beriman tidak akan membebaskan dirinya untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang agama. Kehidupan orang beriman bukanlah hidup yang bebas, tetapi hidup yang dibatasi dengan aturanaturan dari Allah swt.

Orang kafir hidup tanpa mengenal norma-norma agama. Apa yang ia sukai, semua dilakukannya sehingga hidupnya bebas. Rasulullah saw. bersabda sebagai berikut.
Artinya: Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah saw. bersabda: Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir. (H.R. Muslim:5256).

Surah Al-Hajj ayat 7 : Wa annas-sa‘ata atiyatul la raiba fiha, wa annallaha yab‘alu man filquburi.

Artinya: Dan sungguh (hari kiamat) itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya, dan sungguh Allah akan membangkitkan siapa pun yang ada di dalam kubur. (Q.S. Al-Hajj/22: 7).

Surah Taha ayat 15 : Innas-sa‘ata atiyatun akadu ukhfiha litujza kullu nafsim bima tas‘a.

Artinya: Sungguh hari kiamat itu akan datang. Aku merahasiakan (waktunya) agar setiap orang dibalas sesuai dengan apa yang dia usahakan. (Q.S.Taha/20: 15).

Ayat di atas menjelaskan bahwa datangnya hari kiamat sengaja dirahasiakan oleh Allah sehingga tidak seorang pun mengetahui. Pada hari kiamat nanti manusia akan menerima balasan atas amalnya selama hidup di dunia.

Itulah Perintah Menuntut Ilmu Dan Keutamaan Orang Berilmu, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama