Ayat Al Qur’an Dan Hadits Tentang Kebersihan

Sahabat admin yang berbahagia, Islam memerintahkan umatnya agar selalu menjaga kebersihan karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Selain itu, Allah pun menyukai kebersihan. Kebersihan dalam Islam ada dua yaitu kebersihan jasmani atau fisik dan kebersihan rohani. Kebersihan fisik, misalnya kebersihan badan, pakaian, dan tempat.

Ketika beribadah, kebersihan badan, pakaian dan tempat merupakan salah satu syarat sahnya ibadah salat. Adapun kebersihan rohani, misalnya meninggalkan perbuatan dosa, ikhlas dalam beribadah, dan membersihkan hati dari berbagai macam penyakit hati, misalnya sombong, iri, dengki, riya', nifaq, fitnah, khianat dan sebagainya. Firman Allah swt.:

innallaha yuhibbut-tawwabina wa yuhibbul-mutatahhirina.

Artinya:Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (Q.S. Al-Baqarah/2: 222).

Wa siyabaka fatahhir. War-rujza fahjur.
Artinya:“ Dan pakaianmu bersihkanlah. Dan perbuatan dosa tinggalkanlah.” (Q.S. Al-Muddasir/74 : 4-5).

Dengan demikian kebersihan merupakan salah satu ajaran Islam yang harus diperhatikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Rasulullah saw. bersabda sebagai berikut.
Dari Abu Malik Al-Asy’ariy berkata: Rasulullah saw. bersabda:“Kesucian
adalah syarat iman.” (H.R. Muslim: 328).

“Agama Islam itu adalah (agama) yang bersih/suci, maka hendaklah kamu menjaga kebersihan. Sesungguhnya tidak akan masuk surga, kecuali orangorang yang suci.” (H.R. Baihaqi).

Diriwayatkan dari Sa’ad bin Al-Musayyib dari Rasulullah saw. Beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah swt. itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Mahabersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Mahaindah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu. Dan jangan meniru orang-orang Yahudi.” (H.R. Tirmizi: 2823).

Dari Abu Hurairah r.a. “Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda: Ketika seorang laki-laki sedang berjalan di jalan, ia menemukan dahan berduri, maka ia mengambilnya (karena mengganggu). Lalu Allah berterima kasih kepadanya dan mengampuni dosanya.” (H.R. Bukhari:2292).

Dari Abu Hurirah dari Nabi saw. bersabda: “Janganlah kamu kencing di air yang tidak mengalir kemudian kamu berwudlu dari situ.” (H.R. Tirmizi:63).

Dari Abu Hurairah r.a. mendengar Nabi Muhammad saw. bersabda: ” Fitrah manusia ada lima, yaitu dikhitan, mencukur rambut kemaluan, mengunting kumis, memotong kuku (tangan dan kaki), serta mencabuti bulu ketiak.” (H.R. Bukhari:5441).

“Wahai Abu Hurairah, potonglah kuku-kukumu. Sesungguhnya setan
mengikat kuku-kuku yang panjang.” (H.R. Ahmad).

Itulah Ayat Al Qur’an Dan Hadis Tentang Kebersihan, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama