Amalan Yang Dapat Memberikan Pertolongan Pada Hari Akhir / Kiamat

Sahabat admin yang berbahagia, Rasulullah saw. telah memberi petunjuk bagi umatnya dengan petunjuk yang mudah untuk dilaksanakan oleh setiap manusia. Di samping melaksanakan amalan wajib ataupun sunah, kita dapat pula melakukan perbuatan yang ringan, tetapi berat timbangannya. Perbuatan yang ringan untuk dilaksanakan tersebut dijelaskan oleh Rasulullah saw.

Yang Artinya: Sesungguhnya beberapa orang (sahabat) bertanya (mengeluh kepada Rasulullah saw.), ”Ya Rasulullah, orang-orang kaya itu memborong semua pahala. Mereka salat sebagaimana kami salat, mereka puasa sebagaimana kami puasa, mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka (sedangkan kami tak mampu bersedekah).” Rasulullah bersabda, ”Tidakkah Allah telah memberi kesempatan kepadamu untuk bersedekah? Sesungguhnya tiap bacaan tasbih adalah sedekah, tiap bacaan takbir adalah sedekah, tiap bacaan tahmid adalah sedekah, tiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan tiap amar makruf dan nahi mungkar adalah sedekah.” (H.R. Muslim:1674).

Setiap orang dapat berusaha untuk bersedekah agar timbangan amal baiknya berat. Sedekah yang sangat mudah menurut hadis di atas adalah mengucapkan kalimat tayibah atau kalimat yang baik, seperti tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir.

Itulah Amalan Yang Dapat Memberikan Pertolongan Pada Hari Akhir / Kiamat, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama