Akibat Dan Cara Menghindari Sikap Ananiyyah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Setiap yang berlebihan pastilah membawa kerusakan. Termasuk dalam hal ini sikap ananiyyah yang berlebihan. Sikap ananiyyah yang berlebihan menyebabkan seseorang bersikap sombong, tidak peduli, hingga menganggap orang lain tidak berharga. Perilaku seperti ini jelas akan membawa akibat buruk terutama kepada pelakunya sendiri.

Sikap ananiyyah atau egois ditunjukkan dengan rasa keakuan yang tinggi. Ia akan dijauhi oleh orang lain akibat kesombongannya. Ia akan diabaikan orang lain karena tidak mempedulikan orang lain. Mungkin saja ada orang yang tetap mendekat kepadanya karena kelebihan yang ia miliki. Akan tetapi kedekatan seperti itu tidak akan dapat tulus dari dalam hati. Kedekatan seperti itu hanyalah fatamorgana. Saat kelebihan itu tidak ada lagi, para “sahabat” itu pun pergi meninggalkannya.

Menghindari Sikap Ananiyyah Melihat akibat seperti tersebut di atas, orang yang mampu menggunakan hati nurani akan berpikir dua kali untuk bersikap egois. Satu cara ampuh untuk menghindari sikap ananiyyah adalah menyadari bahwa diri kita hanyalah manusia yang memiliki kekurangan. Kita bisa berbuat salah dan lupa. Demikian pula orang lain.

Dengan demikian, saat memandang diri sendiri kita tidak akan terjerumus pada sikap egois berlebihan. Cara lain yang dapat kita lakukan adalah menyadari bahwa sehebat apa pun kita, pasti ada orang lain yang lebih hebat dari kita. Saat merasa kaya, yakinlah bahwa ada orang yang lebih kaya dari kita. Saat merasa pandai, yakinlah bahwa ada orang lain yang lebih pandai. Dengan demikian, kita tidak akan merasa diri paling hebat dan egois. Perhatikanlah pesan Allah Swt. dalam Surah Yusuf [12] ayat 76 berikut ini.

. . . wa fauqa kulli zi'ilmin 'alimun

Artinya: . . . dan di atas orang yang memiliki ilmu pastilah ada orang yang lebih pandai.

Itulah Akibat Dan Cara Menghindari Sikap Ananiyyah , mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…

Lebih baru Lebih lama